18 Juni 2024

Perasaan baru banget aku publish tulisan di blog ini. Pas lihat tanggal terbitnya ternyata terakhir aku mengisi blog ini di bulan Mei tahun lalu. Sepertinya intensitasku dalam menulis blog sudah agak berkurang karena sedang mengalihkan hobiku ke hobi yang baru yaitu bikin konten reels di instagram dan video di TikTok. Biar kembali menghidupkan blog ini, aku publish lagi tulisan pertamaku di tahun 2024!

Jadi, di tahun 2023 kemarin, aku mulai serius untuk mendalami dunia konten kreator. Semua kelas yang berkaitan dengan upgrade diri, akun, dan konten aku ikuti. Kadang juga ikutan campaign dan tugas-tugas yang menghasilkan cuan. Walau masih recehan, tapi jauh dari keinginan mendapatkan uang tambahan itu, aku sebenarnya sedang belajar bagaimana postinganku bisa enak dilihat, bermandaat, dan  bonusnya bisa memiliki daya tarik bagi brand untuk diajak kerjasama secara langsung.

Dari ngonten juga aku jadi memahami kenapa seorang influncer itu dibayar dengan sangat mahal karena memang banyak sekali hal yang dikorbankan seperti waktu istirahat bahkan kesehatan. Selain itu, aku juga mengerti kalau untuk mendapatkan insight yang tinggi itu tak mudah. Seperti rizki, mendapatkan jumlah views, likes, comments, share dan save yang banyak di konten juga harus legowo karena gak setiap saat kita bisa dapatkan.

Kalau berada di titik jenuh ngonten gimana?

Ya gak gimana-gimana, sih. Kalau jenuh dan capek, istirahat dulu aja. Karena ngonten yang bukan tuntutan kerjaan yang ada deadline-nya bisa kita lakukan kapanpun kita mau dan siap. Jangan dipaksa! Tubuh kita ada kapasitasnya. Caraku menghilangkan rasa jenuh ngonten, aku ikutan kuis, giveaway, dan lomba. Ya walau pada akhirnya sama akan menerbitkan konten juga, tapi konten yang satu ini bisa menghasilkan hormon dopamin kalau bisa menang. Rasa bersaing dengan orang lain untuk mendapatkan hadiah tuh ada rasa bahagia tersendiri. Apalagi kalau bisa menjadi pemenangnya. Benar-benar merasa kalau keberuntungan sedang berpihak pada kita.

Nah, di bulan Desember kemarin, aku tak sengaja menemukan info challenge yang hadiahnya mewah, gak recehan di instagramnya @skin1004_indonesia . Aku langsung ikutan karena ada hadiah inceranku di sana. Coba tebak hadiahnya apa hayoo!?

 

Jadi, di setiap berapa hari sekali itu, ada challenge yang berbeda dan hadiah setiap minggunya adalah salah satu produk skin1004, yaitu sun serum. Cara mainnya tuh juga tak biasa. Kita menjawab pertanyaan di dalam link yang tersedia. beberapa teman dunia maya yang kuajak, kebanyakan tak melanjutkan challenge karena tak paham. Sebenarnya, kalau dipahami dengan benar dan pelan-pelan, pasti kita bakalan enjoy ikutin kuis ini sampai akhir. Fyi, kuis ini berlangsung dari awal Desember 2023 sampai pertengahan Januari 2024. Aku ikutan terus challenge-nya sampai akhir dan selama ikutan itu pula aku tak pernah menang tantangan mingguannya. Padahal ada kepinginnya bisa mendapatkan produk skin1004 gratis, yang semua orang tahu sebagus apa produk skincare ini. Tapi di minggu pertama, aku mendapatkan kode voucher di Shopee untuk membeli produk sun serum Skin1004. Alhamdulillah, kapan lagi bisa merasakan produk skin1004 dengan harga yang terjangkau.

Di dalam postingan kuis itu, aku curiga dengan beberapa huruf yang diwarnai berbeda. Apakah ini clue? Dan benar saja, di akhir periode challenge, disuruh menyusun clue yang ada di setiap postingan. Aku yang sudah screenshoot postingan clue itu, langsung merangkai menjadi satu kalimat.


Jadi, di akhir campaign ini, ada challenge terakhir yang mengharuskan kita untuk menemukan clue dari setiap postingan. Dan dirangkai menjadi satu kalimat. Nah, tantangan akhir ini bukan tentang bagaimana cara kita menemukan clue tersebut tapi ceritakan makna dari kalimat yang terangkai dari clue huruf-huruf itu.


Agar bisa pas dengan perintah tantangan akhir, aku mulai memutar otak untuk mencari ide yang masuk dengan kalimat clue itu. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat video dengan kata 'JOURNEY', jadi aku akan menceritakan makna 'Perjalanan' dan menyatukannya dengan cerita perjalananku menemukan Skin 1004.

Di tanggal 11 Januari, aku membuat video di taman Prabujaya. Siang hari yang terik, aku take video sendirian. Sebenarnya lelah karena sehabis pulang kerja. Tapi demi mendapatkan hadiah utama, aku rela membuat video di hari terakhir itu.

Aku juga tak mengerti kenapa aku senekad dan semau ini, padahal sudah tahu bakalan susah mendapatkan hadiah utama karena sainganku banyak, beauty influencer, dan tentunya mereka shoot menggunakan kamera profesional dan iphone yang kita semua sudah tahu kualitas videonya sebagus apa. Tapi saat itu keinginanku tak muluk-muluk. Kalaupun harus kalah dan tidak mendapatkan hadiah utama, bisa mendapatkan rangkaian skincare-nya pun sudah cukup menyenangkan untukku.

Dan di hari terakhir itu, aku tak lupa untuk upload di dua sosial mediaku, yaitu instagram dan tiktok. Setelahnya, langsung upload 'tugas' di link yang sudah disediakan. Sambil beraharap semoga ada rejekinya di sini. 

Tibalah di tanggal 25 Januari 2024, pengumuman pemenangnya. Aku hampir lupa untuk join live pengumumannya di TikTok Skin1004_indonesia. Aku baru join di pukul 19:15 WIB dan saat buka TikTok ternyata sudah mulai. Tapi pengumuman pemenang baru satu. Dan penentuan pemenang dilakukan secara undi arisan, di dalam bowl dengan nama tiktok peserta.

Satu per satu peserta yang beruntung mendapatkan hadiah disebutkan. Saat pemenang hadiah smartphone Samsung Flip Z 5, aku berharap ada namaku yang disebutkan. Tapi ternyata bukan. Yaah bukan rejekiku, kataku saat itu. Dan tersisa dua hadiah lagi untuk dua pemenang beruntung lainnya. ada iphone 5 dan MacBook air. Dan kalian tahu? Ada nama akun tiktokku yang ditunjukkan ke layar bahwa aku menang iphone 15!!


Senangnya bukan main. Badan dan tangan gemetaran karena mendapatkan hadiah besar di awal tahun. Ya kalian rasakan sendiri bagaimana rasanya mimpi yan terwujud. Tak usah ditanya seberapa besarnya aku menginginkan iphone. Aku sudah berjuang mendapatkannya sejak iphone 7 rilis dan sampai generasi 14 pun rasanya belum menjadi rejekiku. Tapi ternyata, keinginan selama itu terkabulkan di iphone gen 15.

Orang pertama yang kukabari tentu saja suamiku yang selalu mendukungku dalam hobiku ini. Kukabari lewat screenshoot gambar yang kuambil saat nama akun tiktokku dipamerkan di depan layar. Tentu dia turut bahagia karea dia tahu seberapa inginnya aku mendapatkan iphone akhir-akhir ini. Bukan karena ingin bergaya karena kami paham kondisi keuangan kami, tapi ia tahu kalau iphone itu untuk membuat video kontenku menjadi lebih baik, bagus, jernih dan semoga bisa menarik lebih banyak lagi rejeki untuk kehidupan kami ke depannya. Aamiin~

Khimar Biru . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates